Nama Sekolah : SD Siliwangi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Semester : III/
1
Tema :
Lingkungan
Topik :
My House
Pertemuan Ke- :
1
Alokasi Waktu :
1x10 menit (1 pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
II.
Kompetensi Dasar
Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat
dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
III.
Indikator
1.
Melafalkan kata, frasa, dan
kalimat dengan baik dan benar
2.
Membaca kata, frasa, dan
kalimat dengan intonasi yang benar
3.
Membaca nyaring dengan baik dan
benar
IV. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa mampu melafalkan kata, frasa, dan kalimat
dengan baik dan benar
2. Siswa mampu membaca kata, frasa, dan kalimat
dengan intonasi yang benar
3. Siswa mampu membaca nyaring dengan baik dan benar
V.
Materi Ajar
This is my house... there's
many room in there like a bed room, bath room, dinning room, the kitchen, the den and the utility room. And i have a garden to in my home.
VI.
Metode Pembelajaran
-
Total
Physical Response
-
Communicative
Approach
VII.Langkah – langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (2
menit)
1. Memberi salam
2. Berdoa
3. Mengecek kehadiran siswa
4. Apersepsi
B. Kegiatan Inti (8
menit)
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi Waktu
|
1. Guru bercerita tentang keadaan rumah
sambil memperlihatkan gambar sebuah rumah.
2. Guru menyebutkan kata-kata atau frase yang berhubungan
dengan materi.
3. Guru memberikan contoh kalimat yang berhubungan
dengan materi.
4. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa yang
berhubungan dengan kalimat yang telah diberikan.
|
1. Siswa menyimak cerita yang dibawakan guru.
2. Siswa mendengarkan dan mengulang
perkataan yang diucapkan oleh guru.
3. Siswa memperhatikan contoh kalimat yang diberikan
guru.
4. Siswa merespon pertanyaan yang diberikan guru.
|
2 menit
2 menit
2 menit
2 menit
|
C. Kegiatan Akhir (2 menit)
1. Merangkum kegiatan pembelajaran
2.
Memberikan Pekerjaan Rumah (PR)
3.
Mempersiapkan materi yang akan datang
4.
Salam perpisahan
VIII. A. Media Pembelajaran
1. Gambar
2. Model Realia
B. Sumber Belajar
1. Learning by
Doing 3 karya Kasihani K.E. Suyanto, dkk.
2. Internet http://www.communication4all.co.uk/http/houseandhomes.htm
3. Teacher-made material
IX. Penilaian
1. Jenis Penilaian : Formatif
2.
Teknik
Penilaian : Tes
Lisan
3.
Alat
Penilaian :
Read the sentences aloud.
1. This is my
house.
2. My house is
red.
3. Next to my
house is a park.
4. There is a
playground in front of the park.
5. My friends and I like to
play there every day.
4.
Rubrik
Penilaian :
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Siswa dapat:
a. Melafalkan
kata, frasa, dan kalimat dengan baik dan benar
b. Membaca kata,
frasa, dan kalimat dengan intonasi yang benar
c. Membaca
nyaring dengan baik dan benar
Siswa hanya:
a.
Melafalkan kata, frasa, dan kalimat kurang tepat
b.
Membaca kata, frasa, dan kalimat kurang tepat
c.
Membaca dengan suara pelan
|
5
5
10
2
3
5
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. H. SUPRAI,
M.Pd DIAN
BUDIANA, S.Pd
NIP. 130 685 564 NIP. 480
201 347
Download RPP SD Bahasa Inggris
Tidak ada komentar:
Posting Komentar