A.
Latar Belakang
Bahasa
memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua
bidang studi. Kurikulum bahasa untuk sekolah menengah sewajarnya mempersiapkan
peserta didik untuk mencapai kompetensi tertentu sehingga peserta didik mampu
merefleksikan pengalamannya sendiri dan orang lain, mengungkapkan gagasan dan
perasaan, dan memahami keragaman nuansa makna. Bahasa diharapkan membantu peserta
didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan
dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut,
membuat keputusan yang bertanggung jawab pada tingkat pribadi dan sosial, dan
menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam
dirinya. Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan
tulis. Pengertian berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran,
perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dengan
menggunakan bahasa tersebut. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh
adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks
lisan dan/atau isyarat maupun tulis yang direalisasikan dalam empat
keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca dan
menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau
menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, mata
pelajaran bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan
tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi atau berwacana dalam bahasa Inggris.
Di
Indonesia, Bahasa Inggris sebagai bahasa asing memiliki peran yang sangat penting
dalam komunikasi antar bangsa terutama dalam rangka membantu meningkatkan daya
saing bangsa. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris hendaknya
diarahkan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi berkomunikasi secara
lisan maupun tertulis pada tingkat literasi tertentu sesuai dengan kaidah
penggunaan Bahasa Inggris oleh para penuturnya.
Terdapat
empat tingkat literasi: performative, functional, informational, dan epistemic.
Pada tingkat performative, orang mampu membaca dan menulis, dan berbicara
dengan simbol-simbol yang digunakan; pada tingkat functional orang mampu
menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca
surat kabar, manual atau petunjuk; pada tingkat informational orang mampu
mengakses pengetahuan dengan bahasanya; sedangkan pada tingkat epistemic orang
mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk SMPLB-B ditargetkan untuk dapat mencapai
tingkat performative yakni berkomunikasi untuk membaca dan menulis, dan
berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Lulusan SMALB-B diharapkan dapat mencapai tingkat functional karena
mereka disiapkan dapat menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup
sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Dengan demikian,
pendidikan bahasa Inggris di SMPLB-B dimulai dengan belajar bahasa Inggris
dalam konteks kehidupan sehari-hari (learning to read) dan di SMALB-B diakhiri
dengan belajar bahasa Inggris untuk memenuhi kebutuhan hidup seharihari (reading
to live). Dalam prosesnya, bahasa lisan merupakan alat untuk mencapai
tingkat-tingkat literasi ini. Substansi kajian sesuai dengan Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar.
B.
Tujuan
Mata
Pelajaran Bahasa Inggris di SMALB-B bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan
sebagai berikut:
1. Mengembangkan
kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan untuk mencapai tingkat
literasi functional
2. Memiliki kesadaran
tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing
bangsa dalam masyarakat global
3. Mengembangkan
pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
C.
Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMALB-B meliputi aspek-aspek sebagai
berikut:
1. Kemampuan berwacana,
yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan atau tulisan yang
direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan/menyimak,
berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional
2. Kemampuan memahami
dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei
berbentuk prosedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi
bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika.
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas
X, Semester 1
Mendengarkan/
Menyimak
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan/atau isyarat
sederhana, untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
1.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau
isyarat sederhana
1.2 Merespon
percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana dan
berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa;
meminta, memberi, menolak barang; menawarkan/menerima/menolak sesuatu; meminta,
memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara
Berbicara/
Bersiyarat
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
2.1 Menirukan
teks percakapan transaksional lisan dan/atau isyarat sederhana
2.2 Menggunakan
makna dalam ragam bahasa lisan dan/atau isyarat terutama dalam percakapan transaksional/
interpersonal sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta,
memberi, menolak jasa; meminta, memberi, menolak barang; menawarkan sesuatu;
meminta, memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara
3. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk recount,
dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
3.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
3.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan
singkat, pengumuman) sederhana dan berterima dalam
ragam bahasa lisan
Membaca
4. Memahami
makna teks tulis fungsional pendek sangat sederhana berkaitan dengan lingkungan
sekitar
4.1 Membaca teks
tulis fungsional pendek sangat sederhana
4.2 Melafalkan
kata, frase, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
4.3 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan
singkat, pengumuman, notices istilahistilahteknis, nama, dan fungsi alat-alat
dalama bidang pengajaran keterampilan ) sangat sederhana
secara dan berterima
Menulis
5. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana
berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
5.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana
5.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan
singkat, pengumuman, notices) sederhana dan
berterima
Kelas
X, Semester 2
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/
Menyimak
6. Memahami
makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana, untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
6.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam teks percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau
isyarat sederhana
6.2 Merespon
percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang
melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi; meminta, memberi,
dan menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan
menutup percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
7. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek dan sederhana yang
berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
7.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
7.2 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan singkat, pengumuman) sederhana
Berbicara/
Berisyarat
8. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana untuk
berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
8.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau
isyarat sederhana
8.2 Menggunakan
makna dalam ragam bahasa lisan dan/atau isyarat terutama dalam percakapan
transaksional/interpersonal
sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan
mengingkari informasi; meminta, memberi, dan menolak pendapat; merespon
pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
9. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk recount
dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
9.1 Menirukan
teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
9.2 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
9.3 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan
singkat, pengumuman) sederhana dan berterima dalam
ragam bahasa lisan
Membaca
10. Memahami
makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana berkaitan dengan lingkungan
sekitar
10.1 Membaca
teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
10.2 Melafalkan
kata, frase, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
10.3 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan singkat, pengumuman, notices, istilah-istilah teknis, nama-nama fungsi
alat-alat dalam bidang pengajaran keterampilan) sangat sederhana dan berterima
Menulis
11.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana
berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
11.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana
11.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional (misalnya undangan, pesan
singkat,
pengumuman, notices) sederhana dan berterima
11.3 Menggunakan
makna dan langkah retorika secara sederhana dan berterima dalam teks tulis
monolog berbentuk recount dan narrative
Kelas
XI, Semester 1
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/
Menyimak
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana
1.2 Merespon
percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi
keraguan; meminta pengulangan
2. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk
procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek
2.2 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan
singkat, iklan, pengumuman)
2.3 Merespon
makna yang terdapat dalam teks monolog sederhana yang berbentuk procedure
dan report
Berbicara/
Berisyarat
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana untuk
berinteraksi
dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1 Menirukan
teks percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana
3.2 Menggunakan
makna dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek
sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta dan
memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan
4. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
procedure dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1 Menirukan
teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
4.2 Menggunakan
makna dalam teks lisan (misalnya esai singkat, pengumuman) dalam ragam bahasa
lisan dan teks monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report
Membaca
5. Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana berbentuk
procedure
dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.1 Membaca teks
tulis fungsional dan monolog/ esei pendek sederhana
5.2 Melafalkan
kata, frase, kalimat dalam teks fungsional dan monolog/esei berbentuk procedure
dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima
5.3 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya
surat
pribadi, iklan, brosur, istilah-istilah teknis, nama dan fungsi alat-alat dalam
bidang pengajaran keterampilan) dan berterima
Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
yang berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
6.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
6.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya
surat
pribadi, iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima
6.3 Menggunakan
makna dan langkah retorika dalam teks monolog/esei sederhana berbentuk
procedure
dan
report
Kelas
XI, Semester 2
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/Menyimak
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana
7.2 Merespon
percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang
melibatkan tindak tutur menunjukkan perhatian dan menyatakan kekaguman
8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk
procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana
8.2 Merespon makna
yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan
singkat, iklan, pengumuman)
8.3 Merespon
makna yang terdapat dalam teks monolog sederhana yang berbentuk procedure
dan report
Berbicara/Berisyarat
9. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau
isyarat sederhana
9.2 Menggunakan
makna dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek
sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur menunjukkan perhatiandan
menyatakan kekaguman
10.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk proceduredan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
10.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
10.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pesan
singkat, pengumuman) dan berterima dalam ragam bahasa lisan
10.3 Menggunakan
makna dalam teks monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report
Membaca
11. Memahami
makna teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.1 Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk procedure dan
report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima
11.2 Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat
pribadi, iklan, brosur) dan berterima
11.3 Merespon
makna dan langkah retorika dalam teks tulis sederhana berbentuk procedure dan
report
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang
berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
12.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
12.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat
pribadi, iklan, brosur, pengumuman)
12.3 Menggunakan
makna dan langkah retorika dalam teks monolog/esei sederhana berbentuk procedure
dan report
Kelas
XII, Semester 1
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/
Menyimak
1. Memahami dan
merespon makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal
1.2 Merespon
percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana secara lancar, dan berterima
yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan dan memberi berita yang
menarik perhatian
2. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
2.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
surat
pribadi, iklan)
2.3 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana yang berbentuk
narrative
dan
report
Berbicara/
Berisyarat
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1 Menirukan
percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan monolog pendek
3.2 Menggunakan
makna dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal lisan
pendek sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
dan memberi berita yang menarik perhatian
4. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
narrative
dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1 Menirukan
teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
4.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman,
pesan-pesan lisan) dan berterima dalam ragam bahasa lisan
Membaca
5. Memahami
makna dalam teks monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk narrative dan
report
untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.1 Membaca teks
monolog/esei tulis pendek sederhana
5.2 Melafalkan
kata, frase, kalimat dalam teks fungsional dan monolog/esei berbentuk narrative
dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima
5.3 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi,
iklan, brosur, pengumuman, istilahistilah teknis, nama dan fungsi
alat-alat dalam bidang pengajaran keterampilan) sederhana dan berterima
Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk narrative
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
6.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat
pribadi,
iklan, brosur, pengumuman, undangan) sederhana dan
berterima
6.3 Menggunakan
makna dan langkah retorika sederhana dan berterima dalam teks tulis sederhana
berbentuk narrative dan report
Kelas
XII, Semester 2
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/
Menyimak
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan.
7.2 Merespon
percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang
melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap berita
8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Menjelaskan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
8.2 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya surat
pribadi,
iklan)
Berbicara/
Berisyarat
9. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat dan monolog
pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau
isyarat maupun monolog pendek sederhana
9.2 Menggunakan
makna dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal lisan
pendek sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap
berita
10.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk narrative dan report untukberinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
10.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
10.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman,
pesan-pesan lisan ) dan berterima dalam ragam bahasa lisan
Membaca
11. Memahami
makna dalam teks monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.1 Membaca
teks monolog/esei tulis pendek sederhana
11.2 Melafalkan
kata, frase, dan kalimat dalam teks fungsional dan monolog/esei berbentuk narrative
dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
11.3 Menggunakan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi,
iklan, brosur, pengumuman, istilahistilah teknis, nama, dan fungsi alat-alat
dalam bidang pengajaran keterampilan) sederhana dan berterima
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang
berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
12.1 Menunjukkan
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
12.2 Menggunakan
makna yang terdapat dalam dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya
surat
pribadi, iklan, brosur, pengumuman, undangan) sederhana dan
berterima
12.3 Menggunakan
makna dan langkah retorika sederhana dan berterima dalam teks tulis sederhana
berbentuk narrative dan report
E.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar