A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual,
sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam
mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta
didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran
bahasa juga membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi
dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan
imaginatif yang ada dalam dirinya. Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi
secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan
informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi,
dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan
berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau
tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu
mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang
digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan
bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk
mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu
berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi
tertentu. Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational,
dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca,
menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada
tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi
kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk.
Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan
kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu
mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa
sasaran
(Wells,1987).
Pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs ditargetkan agar peserta
didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan
dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sedangkan untuk SMA/MA
diharapkan dapat mencapai tingkat informational karena mereka disiapkan
untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tingkat literasi epistemic
dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai oleh peserta didik SMA/MA
karena bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai bahasa asing.
B. Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMA/MA bertujuan agar peserta
didik memiliki
kemampuan
sebagai berikut:
1.
Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai
tingkat literasi informational
2. Memiliki
kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya
saing bangsa dalam masyarakat global
3.
Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan
budaya.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA/MA meliputi:
1. Kemampuan
berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau
tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni
mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai
tingkat literasi informational;
2.
kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog
serta esei berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, report,
news item, analytical exposition, hortatory exposition, spoof,
explanation, discussion, review, public speaking.
Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan
langkah-langkah retorika;
3.
kompetensi pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan
kosa kata, tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan
dan tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi),
kompetensi strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi
dengan berbagai cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi
pembentuk wacana (menggunakan piranti pembentuk wacana).
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui
ajakan/tawaran/
undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia,
menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
2.
Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1
Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional
pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak
resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2
Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah,
menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
3.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan
bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
4.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount,
narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan
sehari-hari
4.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam
berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2
Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa
lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Membaca
5.
Memahami makna teks
5.1
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount,
narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses
ilmu pengetahuan pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan
tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.2
Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu
pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana
berbentuk
recount, narrative, dan procedure
dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2 Mengungkapkan
makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan
ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount,
narrative, dan procedure
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari
7.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal
(bersosialisasi)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam
bahasa
lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat
7.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima yang menggunakan ragam
bahasa
lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan
tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta
menerima undangan, tawaran, dan ajakan
8.
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative,
descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman,
iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima
dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
8.2 Merespon
makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk; narrative, descriptive, dan news item
Berbicara
9.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
kehidupan sehari-hari
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterimakasih, memuji, dan
mengucapkan selamat
9.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut,
menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
10.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana
berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks
kehidupan sehari-hari
10.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
10.2
Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dalam
teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item
Membaca
11.
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative,
descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan
11.1
Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.2
Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses
ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news
item
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana
berbentuk
narrative, descriptive dan news
item dalam
12.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima
yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.1
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative,
descriptive, dan news item
PROGRAM IPA, IPS & BAHASA
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan
berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar,
dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta
pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
1.2
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar,
dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan
permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
2.
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports,
narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari
2.1
Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak
resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari
2.2
Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi
dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat,
meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
3.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan,
meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
4. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative
dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1 Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat,
lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.2 Mengungkapkan
makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report,
narrative, dan analytical exposition
Membaca
5.
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative
dan analytical
exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.1 Merespon
makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.)
resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.2 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative,
dan analytical exposition
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan
analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet,
dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa
tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan
berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap
terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih
7.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan
malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel
8.
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative,
spoof dan
hortatory exposition dalam
konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Merespon
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.2 Merespon
makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
spoof,
dan hortatory
exposition
Berbicara
9.
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi
dan
berlanjut
(sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap
terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih
9.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) yang
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan
malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel
10.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative,
spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari
10.1
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari
10.2
Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
spoof, dan hortatory exposition
Membaca
11.
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof dan
hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses
ilmu pengetahuan
11.1
Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster,
pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan
11.2
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, spoof, dan
hortatory exposition
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative,
spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari
12.1
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster,
pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dalam
teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition
PROGRAM IPA, IPS & BAHASA
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan
tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
1.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan
tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan,
menuduh,
mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
2.
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative,
explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1 Merespon
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.2 Merespon
makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
explanation, dan discussion
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi
dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan
tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk
melakukan sesuatu, dan memerintah
3.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji,
menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat ,
dan menyatakan berbagai sikap
4.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative,
explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1 Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari
4.2 Mengungkapkan
makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,
explanation, dan discussion
Membaca
5.
Memahami makna teks fungsional pendek dan teks tulis esei berbentuk narrative,
explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.1 Merespon
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
5.2 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, explanation,
dan discussion
Menulis
6.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog
6.1 Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan yang
berbentuk narrative, explanation dan discussion secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7.
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
(sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan
tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan,
dan mencegah
7.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan
tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud,
memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
8.
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative
dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Merespon
makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.2 Memahami
dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk:
narrative dan review
Berbicara
9.
Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan
transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong
semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah
9.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara
akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali,
mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi,
dan memberikan penilaian
10.
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative
dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari
10.1
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan seharihari
10.2
Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk:
narrative dan review
Membaca
11.
Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
untuk mengakses ilmu pengetahuan
11.1
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan seharihari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
11.2
Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan seharihari dan
dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan
review
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan
review dalam konteks kehidupan sehari-hari Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative
dan review
TAMBAHAN UNTUK PROGRAM BAHASA
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memahami makna yang terdapat dalam public speaking sederhana
1.1 Merespon
makna yang diungkapkan oleh Master of Ceremony
1.2 Merespon
makna yang diungkapkan oleh Show Presenter (Host) dan News Reader
Berbicara
2.
Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking sederhana
2.1 Mengungkapkan
makna dalam konteks public speaking sederhana sebagai Master of
Ceremony
2.2 Mengungkapkan
makna dalam konteks public speaking sederhana sebagai Show Presenter
(Host) dan News Reader
Membaca
3.
Memahami naskah dalam konteks public speaking sederhana
3.1 Membaca
naskah public speaking sederhana dengan nyaring dan dengan pelafalan
yang tepat
sebagai
Master of Ceremony
3.2 Membaca
naskah public speaking sederhana dengan nyaring dan dengan pelafalan
yang tepat
sebagai
Show Presenter (Host) dan News Reader
Menulis
4.
Mengungkapkan makna dalam konteks persiapan public speaking sederhana
4.1 Menulis
naskah public speaking sederhana sebagai Master of Ceremony
4.2 Menulis
naskah public speaking sederhana sebagai Show Presenter (Host) dan
News Reader
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memahami karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified)
1.1 Merespon
makna dalam karya sastra lisan, seperti lagu berbahasa inggris dan puisi kontemporer
1.2 Memahami
dan merespon makna dalam karya sastra lisan, seperti film dan drama kontemporer
Berbicara
2.
Mengungkapkan karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified)
2.1 Membawakan
karya sastra lisan sederhana seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer
2.2 Membawakan
karya sastra lisan sederhana seperti film dan drama kontemporer
Membaca
3.
Memahami karya sastra yang populer dan disederhanakan (simplified)
3.1 Merespon
makna dalam dalam karya sastra, seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer
3.2 Merespon
makna dalam dalam karya sastra, seperti cerita pendek
Menulis
4.
Mengungkapkan kembali karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified)
4.1 Menulis
cerita dalam bentuk esei tentang lirik lagu yang didengarnya
4.2 Mengungkapkan
kembali cerita berbahasa Inggris yang disederhanakan (simplified) ke
dalam
bentuk
tulisan lain dengan atau tanpa mengubah konteks latar waktu dan tempatnya
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memahami makna yang terdapat dalam public speaking dalam konteks akademik
1.1
Merespon makna yang diungkapkan dalam pidato
1.2
Merespon makna yang diungkapkan dalam debat dan presentasi
Berbicara
2.
Mengungkapkan makna dalam public speaking dalam konteks akademik
2.1
Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking seperti pidato
2.2
Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking seperti debat dan
presentasi
Membaca
3.
Memahami naskah public speaking dalam konteks akademik
3.1
Memahami naskah public speaking dalam konteks akademik seperti pidato
3.2
Memahami naskah public speaking dalam konteks akademik seperti debat dan
presentasi
Menulis
4.
Mengungkapkan makna dalam naskah persiapan public speaking dalam konteks
akademik
4.1
Menulis naskah public speaking sederhana dalam konteks akademik seperti
pidato
4.2
Menulis naskah public speaking sederhana dalam konteks akademik seperti
debat dan
presentasi
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.
Memahami karya sastra lisan yang populer dan otentik sederhana
1.1
Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan seperti lagu berbahasa
Inggris dan
puisi
kontemporer
1.2
Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan seperti film dan drama kontemporer
Berbicara
2.
Mengungkapkan karya sastra lisan yang populer dan otentik sederhana
2.1
Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti lagu berbahasa Inggris dan
puisi kontemporer
2.2
Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti film dan drama kontemporer
Membaca
3.
Memahami karya sastra yang populer dan otentik sederhana
3.1
Membaca pidato tokoh-tokoh terkenal
3.2
Memahami makna dalam lagu berbahasa Inggris, novel, dan ceritera pendek
Menulis
4.
Mengungkapkan kembali karya sastra yang populer dan otentik sederhana secara tertulis
4.1
Menulis esei tentang lirik lagu dan puisi kontemporer
4.2
Mengungkapkan kembali cerita berbahasa Inggris yang populer dan otentik
sederhana ke dalam bentuk tulisan lain dengan atau tanpa mengubah konteks latar
waktu dan tempatnya
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan
untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar