A.
Latar Belakang
Bahasa
memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta
didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu
peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat,
dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang
ada dalam dirinya.
Bahasa
merupakan alat berkomunikasi secara lisan dan tulis, untuk memahami dan mengungkapkan
informasi, pikiran, perasaan, serta sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni dan budaya. Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan berwacana,
yakni kemampuan memahami atau menghasilkan kalimat lisan dan tulis.
Keterampilan berbahasa meliputi mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis
yang dapat digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan
bermasyarakat.
Mata
pelajaran Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran adaptif, yang bertujuan membekali
peserta didik kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dalam konteks material
komunikasi yang diperlukan bagi program keahliannya, baik yang bersifat lisan
maupun tulis.
Di
samping itu mata pelajaran Bahasa Inggris membekali peserta didik kemampuan berkomunikasi
dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tuntutan global, serta membekali
peserta didik untuk mengembangkan komunikasi ke taraf yang lebih tinggi.
B.
Tujuan
Mata
pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut:
1. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dasar
Bahasa Inggris untuk mendukung pencapaian kompetensi program keahlian
2. Menerapkan
penguasaan kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi baik
lisan maupun tertulis pada level intermediate.
C.
Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Dasar
komunikasi Bahasa Inggris level novice
2. Dasar
komunikasi Bahasa Inggris level elementary
3. Dasar
komunikasi Bahasa Inggris level intermediate.
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi
denganBahasa Inggris setara Level Novice
1. 1 Memahami
ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan
1. 2 Menyebutkan
benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
1. 3
Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
1. 4
Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar
1. 5 Menjelaskan
secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi
1. 6 Memahami
memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan kendaraan umum, dan rambu-rambu lalu
lintas
1. 7 Memahami
kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus
1. 8 Menuliskan
undangan sederhana
2. Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary
2. 1 Memahami
percakapan sederhana sehari-hari baik dalam konteks profesional maupun pribadi
dengan orang
bukan penutur asli
2. 2 Mencatat
pesan-pesan sederhana baik dalam interaksi langsung maupun melalui alat
2. 3 Merinci
tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan yang dimilikinya secara lisan dan
tulisan
2. 4
Menceritakan pekerjaan di masa lalu dan rencana kerja yang akan datang
2. 5
Mengungkapkan berbagai macam maksud hati
2. 6 Memahami
instruksi-instruksi sederhana
2. 7 Membuat
pesan-pesan pendek, petunjuk dan daftar dengan pilihan kata, ejaan dan tata
tulis
yang berterima
3. Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate
3. 1 Memahami
monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu
3. 2 Memahami
percakapan terbatas dengan penutur asli
3. 3 Menyajikan
laporan
3. 4 Memahami
manual penggunaan peralatan
3. 5 Memahami
surat-surat bisnis sederhana
3. 6 Memahami
dokumen-dokumen teknis
3. 7 Menulis
surat bisnis dan laporan sederhana
E.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar