A.
Latar Belakang
Bahasa
memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua
bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal
dirinya, budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga
membantu peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi
dalam masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan
imaginatif yang ada dalam dirinya. Bahasa Inggris merupakan alat untuk
berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan
mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh
adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks
lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa,
yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah
yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan
bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk
mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu
berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi
tertentu. Tingkat literasi mencakup performative, functional, informational,
dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca,
menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol simbol yang digunakan. Pada
tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi
kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk.
Pada tingkat informational, orang mampu mengakses pengetahuan dengan
kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu
mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa
sasaran
(Wells,1987). Pembelajaran bahasa Inggris di SMP/MTs ditargetkan agar peserta
didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan
dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari-hari, sedangkan untuk SMA/MA
diharapkan dapat mencapai tingkat informational karena mereka disiapkan
untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Tingkat literasi epistemic
dianggap terlalu tinggi untuk dapat dicapai oleh peserta didik SMA/MA
karena bahasa Inggris di Indonesia berfungsi sebagai bahasa asing.
B.
Tujuan
Mata
Pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
1. Mengembangkan
kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat
literasi functional
2. Memiliki kesadaran
tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing
bangsa dalam masyarakat global
3. Mengembangkan
pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.
C.
Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs meliputi:
1. Kemampuan berwacana,
yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang
direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan, berbicara,
membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional;
2. Kemampuan memahami
dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei
berbentuk procedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi
bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah
retorika;
3. Kompetensi
pendukung, yakni kompetensi linguistik (menggunakan tata bahasa dan kosa kata,
tata bunyi, tata tulis), kompetensi sosiokultural (menggunakan ungkapan dan
tindak bahasa secara berterima dalam berbagai konteks komunikasi), kompetensi
strategi (mengatasi masalah yang timbul dalam proses komunikasi dengan berbagai
cara agar komunikasi tetap berlangsung), dan kompetensi pembentuk wacana
(menggunakan piranti pembentuk wacana).
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas
VII, Semester 1
Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah
atau melarang
1.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima
kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
2. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
2.1 Merespon
makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.2 Merespon
makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
3.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
3.2 Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa
orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan
memerintah atau melarang
3.3
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi,
mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
4. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
4.1
Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
4.2
Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
secara
akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Membaca
5. Memahami
makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
5.1 Membaca
nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.2 Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
6.1
Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
6.2
Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kelas
VII, Semester 2
Mendengarkan
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
7.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi
fakta
7.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi,
dan merespon secara interpersonal
8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk
descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
8.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
8.2 Merespon
makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam Percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
9.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta
dan memberi barang, dan meminta dan memberi fakta
9.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat,
menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara
interpersonal
10.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana
berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
10.1Mengungkapkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.2Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Membaca
11. Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
11.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara
akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
11.2 Merespon
makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk
descriptive dan procedure
11.3 Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima
Menulis
12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive
dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
12.1
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
12.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan
procedure
Kelas
VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
2. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
2.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
2.2 Merespon
makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan
recount
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi,
menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan
merespon percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang
melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan,
menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
4. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
4.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
4.2 Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Membaca
5. Memahami
makna teks Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dan esei berbentuk descriptive dan recount pendek
dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar
5.1 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive,
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
6.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
Kelas
VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk
berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
7.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta,
memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan
/ menerima / menolak sesuatu
7.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian
terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup
percakapan
telepon
8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative
dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon
makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan
recount
Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
9.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat,
dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan,
memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan,
serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
10.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
10.1 Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
10.2 Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
Membaca
11. Memahami
makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
11.1 Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk
recount dan narrative untukberinteraksi dengan lingkungan sekitar
12.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
12.2 Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar berbentuk recount dan narrative
Kelas
IX, Semester 1
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan
menanggapi keraguan
1.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan
menyatakan kekaguman
2. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure
dan report
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
3.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta
pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
4. Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
procedure
dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
4.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
4.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Membaca
5. Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.1 Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure
dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
5.2 Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3 Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk procedure dan report
Menulis
6. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
6.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Kelas
IX, Semester 2
Standar
Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
7. Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur mengungkapkan
kesantunan
7.2 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur memberi berita yang menarik perhatian, dan memberi
komentar terhadap berita
8. Memahami
makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative
dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative
dan report
Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana
berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
9.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan
9.2
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
daninterpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi berita yang
menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
10.
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
10.1
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
10.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari berbentuk narrative dan report
Membaca
11. Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.1 Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk narrative
dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.2 Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.3 Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative
dan report
Menulis
12.
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.1
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari
12.2
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
E.
Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Download Full Word
Download Full Word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar