A.
Latar Belakang
Bahasa memiliki peran
sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan
merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.
Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu
peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam
masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan
imaginatif yang ada dalam dirinya. Bahasa Inggris merupakan alat untuk
berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah memahami dan
mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh
adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks
lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa,
yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah
yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan
bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk
mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu
berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat literasi
tertentu.
Tingkat literasi
mencakup performative, functional, informational, dan epistemic. Pada
tingkat performative, orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan
berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan. Pada tingkat functional, orang
mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti
membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang
mampu mengakses pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada
tingkat epistemic orang
mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Sehubungan dengan hal tersebut,
perlu ditetapkan standar kompetensi bahasa Inggris bagi SD/MI yang
menyelenggarakan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Kompetensi
lulusan SD/MI tersebut selayaknya merupakan kemampuan yang bermanfaat dalam
rangka menyiapkan lulusan untuk belajar bahasa Inggris di tingkat SMP/MTs.
Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam bahasa Inggris
untuk menunjang kegiatan kelas dan sekolah.
Pendidikan bahasa
Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang
digunakan untuk menyertai tindakan atau language accompanying action.
Bahasa Inggris digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”.
Topik pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi.
Untuk mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu dipajankan dan dibiasakan
dengan berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs) yang
merupakan dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih kompleks.
B.
Tujuan
Mata Pelajaran Bahasa
Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1.
Mengembangkan kompetensi berkomunikasi
dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language
accompanying action) dalam konteks sekolah
2.
Memiliki kesadaran tentang hakikat dan
pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat
global
C.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata
pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara
terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
Ketrampilan menulis dan membaca
diarahkan untuk menunjang pembelajaran komunikasi lisan.
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi
Dasar
Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
1.1 Merespon dengan melakukan
tindakan sesuaiinstruksi secara berterima dalam konteks kelas
1.2 Merespon instruksi sangat
sederhana secaraverbal dalam konteks kelas
Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan
informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
2.1 Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengenalkan
diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan memberi abaaba
2.2 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
berterima kasih, meminta maaf, memberi maaf, melarang, memuji, dan mengajak
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan
excuse me
Membaca
3. Memahami tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
3.1 Membaca nyaring dengan
melafalkan alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan
kalimat sangat sederhana
3.2 Memahami kalimat dan pesan
tertulis sangat sederhana
Menulis
4. Mengeja dan menyalin tulisan
bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris
sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
4.2 Menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan
pesan tertulis
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi
Dasar
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
5.1 Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam
berbagai permainan
5.2 Merespon instruksi sangat
sederhana secara verbal
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
6.1 Menirukan ujaran dalam
ungkapan sangat sederhana secara berterima
6.2 Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
6.3 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta bantuan, meminta barang, memberi barang
6.4 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan meminta
kejelasan
6.5 Mengungkapkan kesantunan
secara berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan
excuse me
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan
yang tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
7.2 Memahami kalimat dan pesan
tertulis sangat sederhana
Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris
sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
8.2 Menyalin tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan
pesan tertulis
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
1.1 Merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah
1.2 Merespon instruksi sangat
sederhana secara verbal
Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan
informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
2.1 Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui,
dan melarang
2.4 Mengungkapkan kesantunan
secara berterima yang melibatkan ungkapan: Do you mind … dan
Shall we …
Membaca
3. Memahami tulisan bahasa
Inggris dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
3.1 Membaca nyaring dengan
ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata,
frasa, dan kalimat sangat sederhana
3.2 Memahami kalimat, pesan
tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan
berterima
Menulis
4. Mengeja dan menyalin kalimat
sangat sederhana dalam konteks sekolah
4.1 Mengeja kalimat sangat
sederhana secara tepat dan berterima
4.2 Menyalin dan menulis kalimat
sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat, ucapan
terima kasih, dan undangan
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi
Dasar
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat
sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
5.1 Merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
5.2 Merespon instruksi sangat
sederhana secara verbal
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan
informasi sangat sederhana dalam konteks sekolah
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai
tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh
melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan
6.4 Mengungkapkan kesantunan
secara berterima yang melibatkan ungkapan: do you mind ... dan
Shall we ...
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa
Inggris sangat sederhana dalam konteks sekolah
7.1 Membaca nyaring dengan
ucapan, tekanan, dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata,
frasa, kalimat sangat sederhana, dan teks sangat sederhana
7.2 Memahami kalimat, pesan
tertulis dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan
berterima
Menulis
8. Mengeja dan menyalin kalimat
sangat sederhana dalam konteks sekolah
8.1 Mengeja kalimat sangat
sederhana secara tepat dan berterima
8.2 Menyalin dan menulis kalimat
sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang tepat
seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan ucapan simpati
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi
Dasar
Mendengarkan
1. Memahami instruksi dan informasi
sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta
didik
1.1 Merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar
kelas
1.2 Merespon instruksi sangat
sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan
1.3 Memahami cerita lisan secara
berterima dengan bantuan gambar
Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan
informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
2.1 Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi
contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: mengingatkan,
menyatakan suka / tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar,
memberi pendapat, dan mengusulkan
2.4 Mengungkapkan kesantunan
secara berterima yang melibatkan ungkapan:Would you plese ... dan May
I ...
Membaca
3. Memahami teks fungsional
pendek dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
3.1 Membaca nyaring teks
fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan
berterima
3.2 Memahami teks deskriptif
bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
Menulis
4. Menulis teks fungsional pendek
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
4.1 Menulis teks fungsional
pendek sangat sederhana secara berterima
4.2 Menulis kartu-kartu ucapan
sangat sederhana secara berterima
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi
Dasar
Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi
sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar
peserta didik
5.1 Merespon instruksi dan
informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima
di dalam dan luar kelas
5.2 Merespon instruksi dan
informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima
dalam berbagai permainan
5.3 Memahami cerita lisan sangat
sederhana dengan bantuan gambar
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan
informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
6.1 Bercakap-cakap untuk
menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutu: memberi contoh
melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3 Bercakap-cakap untuk
meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan keraguan, menanyakan,
dan meminta kejelasan
6.4 Mengungkapkan kesantunan
secara berterima yang melibatkan ungkapa: Would you please ...
dan May I ...
Membaca
7. Memahami teks fungsional pendek
dan deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
7.1 Membaca nyaring teks
fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan
berterima
7.2 Memahami teks deskriptif
bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
7.3 Memahami teks naratif
bergambar sangat sederhana
Menulis
8. Menulis teks fungsional pendek
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
8.1 Menulis teks fungsional
pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks sekitar peserta didik
8.2 Menulis kartu-kartu ucapan
sederhana secara berterima
E.
Arah Pengembangan
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Good posting.... nice to know you friend
BalasHapus