KOMPONEN
SILABUS
MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Instructional Design
Oleh:
Kelas 4C
Addy
Muhaemin (092122108)
Dian Budiana (092122101)
Enda Hidayat (092122119)
Prima F.C. (092122117)
Yulianingsih (092122118)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SILIWANGI
TASIKMALAYA
2011
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji dan syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT, Rabb seluruh alam yang telah menganugerahkan
karunia dan nikmatNya yang tak terhingga, sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah tentang “Komponen Silabus”. Makalah ini disusun untuk memenuhi
salah satu tugas mata kuliah Instructional Design.
Permendiknas
RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses menyatakan bahwa
silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat identitas mata pelajaran, standar
kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran/tema pembelajaran,
indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Kami menyadari bahwa selama penulisan makalah ini
mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima
kasih kepada :
1.
Bapak Dian Kardijan, M.Pd., selaku dosen
mata kuliah yang telah membantu kami dalam menyusun makalah ini;
2.
semua pihak yang tidak bisa kami sebut
satu persatu.
Semoga Allah swt. memberikan balasan
yang berlipat ganda.
Makalah ini bukanlah karya yang sempurna
karena masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam hal isi maupun sistematika
dan teknik penulisannya. Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan saran dan
kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya semoga makalah ini
bisa memberikan manfaat bagi penulis dan bagi pembaca. Amin.
Tasikmalaya,
Maret 2011 Penulis
Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok
mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi
dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Selain
itu, ada beberapa pendapat mengenai pengertian silabus, diantaranya:
·
Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau
pokok-pokok isi/materi pembelajaran (salim, 1987:98
· Merupakan seperangkat rencana serta
pengaturan pelaksanaan pembelajara dan penilaian yang disusun secara sitematis
memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan
kompetensi dasar (Yulaelawati,2004:123)
·
Salah satu rancangan kurikulum
pembelajaran.
·
Merupakan ringkasan isi komponen-komponen
kurikulum
· Penjabaran lebih lanjut dari standar
kompetensi, kompetensi dasar, dan pokok-pokok/uraian materi yang harus
dipelajari siswa ke dalam rincian kegiatan dan strategi pembelajaran, kegiatan
dan strategi penilaian, dan alokasi waktu per mata pelajaran per satuan
pendidikan dan per kelas
· Salah satu tahapan pengembangan
kurikulum, khususnya untuk menjawab “apa yang harus dipelajari?”
· Merupakan hasil atau produk pengembangan
disain pembelajaran, seperti PDKBM, GBPP, dsb.
Isi Silabus
Berkenaan
dengan komponen silabus lebih rinci dikemukan oleh nurhadi ( 2004:142) bahwa
silabus berisi uraian program yang mencantumkan:
• Bidang studi yang diajarkan
• Bidang studi yang diajarkan
•
Tingkat sekolah dan semester
•
Pengelompokan kompetensi dasar
•
Materi pokok
•
Indicator
•
Strategi pembelajaran
•
Alokasi waktu
•
Bahan atau alat serta media
Manfaat
Silabus
Pedoman
bagi pengembangan pembelajaran lebih lanjut:
o
Pembuatan rencana satuan pembelajaran
o
Pengelolaan kegiatan pembelajaran
o
Penyediaan sumber belajar
o
Pengembangan sistem penilaian
A. Identitas
Berisi
identitas sekolah, bidang/program keahlian, standar kompetensi, mata pelajaran,
kelas/semester, durasi pembelajaran, kode kompetensi.
Nama Sekolah : MTs Neglasari
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ I (Satu)
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
B. Standar Kompetensi
Standar kompetensi
merupakan uraian fungsi dan tugas atau pekerjaan yang mendukung tercapainya
kualifikasi peserta didik .
CONTOH
Nama Sekolah : MTs Neglasari
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ I (Satu)
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
C. Kompetensi Dasar
Kompetensi
dasar/ subkompetensi merupakan sejumlah tugas/ kemampuan
untuk mendukung ketercapaian standar kompetensi.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Merespon
makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan
interpersonal (bersosialisasi ) yang
mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah
dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau
melarang
|
D. Materi Pokok/ Pembelajaran
Merupakan substansi
pembelajaran utama yang berfungsi menunjang pencapaian kompetensi
dasar/subkompetensi, mencakup keseluruhan ranah kompetensi (pengetahuan,
keterampilan dan sikap). Materi pokok/pembelajaran harus menunjang pencapaian kompetensi
dasar dengan mempertimbangkan:
a potensi peserta didik;
b relevansi dengan karakteristik daerah;
c tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan
spritual peserta didik;
d kebermanfaatan bagi peserta didik;
e struktur keilmuan;
f aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
g relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan;
dan
h alokasi
waktu.
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Contoh:
A :
Good morning
How are you ?
B : Fine Thanks.
Nice to meet you
A :
Hello, I’ Nina
B : Hi, I’m Reny
Nice to meet you
|
E. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
adalah kegiatan fisik dan atau mental yang dilakukan peserta didik dalam
berinteraksi dengan sumber belajar.
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman
belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta
didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam
rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat
terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan
berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang
perlu dikuasai peserta didik.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran
adalah sebagai berikut :
a. Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para
pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara
profesional.
b. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus
dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
c. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki
konsep materi pembelajaran.
d. Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung
dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu
kegiatan siswa dan materi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
·
Tanya jawab yang terkait dengan materi
·
Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan,
perkenalan, memberi perintah atau melarang
·
Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan,
memberi perintah atau melarang.
·
Menjawab / merespon pertanyaan.
|
F. Indikator
Indikator
merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan
perilaku yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Pernyataan yang mengindikasikan ketercapaian kompetensi
dasar yang dipersyaratkan, dapat diukur, dan durumuskan dalam kata kerja
operasiopal.
Indikator dikembangkan
sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan,
potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur
dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun
alat penilaian.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Merespon ungkapan ungkapan
·
Sapaan orang yang sudah /
belum dikenal
·
Perkenalan diri sendiri / orang lain
·
Perintah / larangan
|
G. Penilaian
Metode
penilaian yang digunakan dalam bentuk tes dan non tes disesuaikan dengan
karakteristik indikator anatara lain; tes tertulis, tes lisan, pengamatan
kinerja, produk dan lain-lain.
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan
berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes
dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap,
penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio,
dan penilaian diri.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh,
menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta
didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi
informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian.
a. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.
b. Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang
bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan
untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
c. Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang
berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian
hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan
yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik.
d. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak
lanjut berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi
peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan
program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.
e. Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang
ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan
pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada
proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil
melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
·
Unjuk kerja
|
· Merespon
ungkapan lisan
· Pilihan
Ganda
· Responding
|
Listen to the expressions
and give your response.
·
A: Good morning.
B:
.......................
Listen to the expressions
and choose the best option.
·
“Hi, I’m Yeny,... ....to meet you
a. Nice
b. meet
c. fine
d. Thanks
·
Give it to me.
|
H. Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah estimasi jumlah jam
pembelajaran yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar yang dirinci ke
dalam jumlah jam pembelajaran untuk tatap muka (teori), praktik di sekolah, dan
praktik di industri
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan
pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan
mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat
kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yang
dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai
kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2
x 40 menit
|
I. Sumber Belajar
Sumber
belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan
pembelajaran, dapat berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta
lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan
untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik,
narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan
kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
·
Script
·
Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
|
Contoh Model Silabus
Dalam menyusun silabus dapat menggunakan salah satu format yang
sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan. Pada dasarnya ada dua jenis, yaitu
jenis kolom (format 1) dan jenis uraian (format 2). Dalam menyusun format
urutan KD, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator dan seterusnya
dapat ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan, sejauh tidak mengurangi
komponen-komponen dalam silabus.
Model
Silabus
Sekolah : MTs Neglasari
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ I (Satu)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Standar Kompetensi : 1.Mendengarkan
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar
|
MateriPokok /Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.2 Merespon
makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan
interpersonal (bersosialisasi ) yang
mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah
atau melarang
|
Contoh:
A :
Good morning
How are you ?
B : Fine Thanks.
Nice to meet you
A :
Hello, I’ Nina
B : Hi, I’m Reny
Nice to meet you
A : Don’t do that
B : No. I won’t
A : Stop it
B : Ok
|
·
Tanya jawab yang terkait dengan materi
·
Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan,
perkenalan, memberi perintah atau melarang
·
Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan,
memberi perintah atau melarang.
·
Menjawab / merespon pertanyaan.
|
Merespon ungkapan ungkapan
·
Sapaan orang yang sudah /
belum dikenal
·
Perkenalan diri sendiri / orang lain
·
Perintah / larangan
|
·Tes
lisan
·Tes
tertulis
·Unjuk
kerja
|
·
Merespon ungkapan lisan
·Pilihan
Ganda
·Responding
|
Listen to the expressions
and give your response.
·
A: Good morning.
B:
.......................
Listen to the expressions
and choose the best option.
·
“Hi, I’m Yeny,... ....to meet you
a. Nice
b. meet
c. fine
d. Thanks
·
Give it to me.
|
2x40 menit
|
·
Script
·
Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)
|
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal
(bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara
akurat, lancar dan berterima untuk
beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur :
meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan
mengungkapkan kesantunan
|
Contoh :
A : Where’s the book?
B : It’s there.
A : Thank you.
B : You’re welcome.
A : I’m sorry.
B : it,s okay.
A : Please..!
B : All right thanks.
|
1.
Mendengarkan dan
merespon introduction tentang
meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf,
kesantunan.
2.
memperhatikan
kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan
topik materi
3.
mendengarkan
percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih,
permintaan maaf dan kesantunan
4.
mendengarkan
gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
5.
menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan
|
Merespon ungkapan-ungkapan :
·
Meminta dan memberi informasi
·
Ungkapan terima kasih
·
Permintaan maaf
·
Kesantunan
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Merespon pertanyaan / ungkapan lisan
Melengkapi
|
Listen to the
questions / expression and give your answer / response.
A: How many
persons are
there in
the conversation?
B: ............
A: thank you so much.
B: ............
Listen to the
questions / expressions and complete the sentences.
A:could you open the door
for me?
B: .........
A: Sorry I’m Late.
B: .........
|
2x40 menit
|
Buku guru
Script percakapan tulis
Rekaman
percakapan dalam kaset, CD, DVD, film
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar