Jumat, 06 Januari 2012

Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Tunarungu (SMALB – B)


A. Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Kurikulum bahasa untuk sekolah menengah sewajarnya mempersiapkan peserta didik untuk mencapai kompetensi tertentu sehingga peserta didik mampu merefleksikan pengalamannya sendiri dan orang lain, mengungkapkan gagasan dan perasaan, dan memahami keragaman nuansa makna. Bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, membuat keputusan yang bertanggung jawab pada tingkat pribadi dan sosial, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Bahasa Inggris merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Pengertian berkomunikasi adalah memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dengan menggunakan bahasa tersebut. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan/atau isyarat maupun tulis yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan demikian, mata pelajaran bahasa Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar lulusan mampu berkomunikasi atau berwacana dalam bahasa Inggris.
Di Indonesia, Bahasa Inggris sebagai bahasa asing memiliki peran yang sangat penting dalam komunikasi antar bangsa terutama dalam rangka membantu meningkatkan daya saing bangsa. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa Inggris hendaknya diarahkan untuk membekali peserta didik dengan kompetensi berkomunikasi secara lisan maupun tertulis pada tingkat literasi tertentu sesuai dengan kaidah penggunaan Bahasa Inggris oleh para penuturnya.
Terdapat empat tingkat literasi: performative, functional, informational, dan epistemic. Pada tingkat performative, orang mampu membaca dan menulis, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan; pada tingkat functional orang mampu menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk; pada tingkat informational orang mampu mengakses pengetahuan dengan bahasanya; sedangkan pada tingkat epistemic orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk SMPLB-B ditargetkan untuk dapat mencapai tingkat performative yakni berkomunikasi untuk membaca dan menulis, dan berbicara dengan simbol-simbol yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lulusan SMALB-B diharapkan dapat mencapai tingkat functional karena mereka disiapkan dapat menggunakan bahasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual atau petunjuk. Dengan demikian, pendidikan bahasa Inggris di SMPLB-B dimulai dengan belajar bahasa Inggris dalam konteks kehidupan sehari-hari (learning to read) dan di SMALB-B diakhiri dengan belajar bahasa Inggris untuk memenuhi kebutuhan hidup seharihari (reading to live). Dalam prosesnya, bahasa lisan merupakan alat untuk mencapai tingkat-tingkat literasi ini. Substansi kajian sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

B. Tujuan

Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMALB-B bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
1. Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulisan untuk mencapai tingkat literasi functional
2. Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global
3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya.

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Inggris di SMALB-B meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau menghasilkan teks lisan dan atau tulisan yang direalisasikan dalam empat keterampilan berbahasa, yakni mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca dan menulis secara terpadu untuk mencapai tingkat literasi functional
2. Kemampuan memahami dan menciptakan berbagai teks fungsional pendek dan monolog serta esei berbentuk prosedure, descriptive, recount, narrative, dan report. Gradasi bahan ajar tampak dalam penggunaan kosa kata, tata bahasa, dan langkah-langkah retorika.






D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X, Semester 1

Mendengarkan/ Menyimak
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana, untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
1.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana
1.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa; meminta, memberi, menolak barang; menawarkan/menerima/menolak sesuatu; meminta, memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara

Berbicara/ Bersiyarat
2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
2.1 Menirukan teks percakapan transaksional lisan dan/atau isyarat sederhana
2.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan dan/atau isyarat terutama dalam percakapan transaksional/ interpersonal sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa; meminta, memberi, menolak barang; menawarkan sesuatu; meminta, memberi persetujuan; memberi perhatian terhadap pembicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
3.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
3.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan singkat, pengumuman) sederhana dan berterima dalam ragam bahasa lisan

Membaca
4. Memahami makna teks tulis fungsional pendek sangat sederhana berkaitan dengan lingkungan sekitar
4.1 Membaca teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
4.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
4.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan singkat, pengumuman, notices istilahistilahteknis, nama, dan fungsi alat-alat dalama bidang pengajaran keterampilan ) sangat sederhana secara dan berterima

Menulis
5. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
5.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana
5.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan singkat, pengumuman, notices) sederhana dan berterima
Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Mendengarkan/ Menyimak
6. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana, untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana
6.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi; meminta, memberi, dan menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
7. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek dan sederhana yang berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
7.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
7.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman) sederhana

Berbicara/ Berisyarat
8. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana
8.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan dan/atau isyarat terutama dalam percakapan
transaksional/interpersonal sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi dan mengingkari informasi; meminta, memberi, dan menolak pendapat; merespon pernyataan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan; mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon

9. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
9.1 Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
9.2 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
9.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek (misalnya undangan,
pesan singkat, pengumuman) sederhana dan berterima dalam ragam bahasa lisan

Membaca
10. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana berkaitan dengan lingkungan sekitar
10.1 Membaca teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
10.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
10.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya undangan, pesan singkat, pengumuman, notices, istilah-istilah teknis, nama-nama fungsi alat-alat dalam bidang pengajaran keterampilan) sangat sederhana dan berterima

Menulis
11. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek dan sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
11.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana
11.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional (misalnya undangan, pesan
singkat, pengumuman, notices) sederhana dan berterima
11.3 Menggunakan makna dan langkah retorika secara sederhana dan berterima dalam teks tulis monolog berbentuk recount dan narrative

Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan/ Menyimak

1. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana
1.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek
2.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan singkat, iklan, pengumuman)
2.3 Merespon makna yang terdapat dalam teks monolog sederhana yang berbentuk procedure dan report

Berbicara/ Berisyarat
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1 Menirukan teks percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana
3.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek sederhana secara lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian; mengungkapkan dan menanggapi keraguan; meminta pengulangan
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1 Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
4.2 Menggunakan makna dalam teks lisan (misalnya esai singkat, pengumuman) dalam ragam bahasa lisan dan teks monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report



Membaca
5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana berbentuk
procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.1 Membaca teks tulis fungsional dan monolog/ esei pendek sederhana
5.2 Melafalkan kata, frase, kalimat dalam teks fungsional dan monolog/esei berbentuk procedure dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
5.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya
surat pribadi, iklan, brosur, istilah-istilah teknis, nama dan fungsi alat-alat dalam bidang pengajaran keterampilan) dan berterima

Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
6.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya
surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman) secara lancar dan berterima
6.3 Menggunakan makna dan langkah retorika dalam teks monolog/esei sederhana berbentuk
procedure dan report

Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Mendengarkan/Menyimak
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan sederhana
7.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur menunjukkan perhatian dan menyatakan kekaguman
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana pendek berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog sederhana
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pesan singkat, iklan, pengumuman)
8.3 Merespon makna yang terdapat dalam teks monolog sederhana yang berbentuk procedure dan report

Berbicara/Berisyarat
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat sederhana
9.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal pendek sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur menunjukkan perhatiandan menyatakan kekaguman
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk proceduredan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
10.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pesan singkat, pengumuman) dan berterima dalam ragam bahasa lisan
10.3 Menggunakan makna dalam teks monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report

Membaca
11. Memahami makna teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan monolog/esei berbentuk procedure dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
11.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan, brosur) dan berterima
11.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks tulis sederhana berbentuk procedure dan
report

Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
12.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman)
12.3 Menggunakan makna dan langkah retorika dalam teks monolog/esei sederhana berbentuk procedure dan report

Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Mendengarkan/ Menyimak
1. Memahami dan merespon makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
1.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal
1.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana secara lancar, dan berterima yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan dan memberi berita yang menarik perhatian
2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
2.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
surat pribadi, iklan)
2.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks monolog pendek sederhana yang berbentuk
narrative dan report

Berbicara/ Berisyarat
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1 Menirukan percakapan transaksional/ interpersonal lisan dan monolog pendek
3.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal lisan pendek sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan dan memberi berita yang menarik perhatian
4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk
narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1 Menirukan teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
4.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman, pesan-pesan lisan) dan berterima dalam ragam bahasa lisan

Membaca
5. Memahami makna dalam teks monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk narrative dan
report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.1 Membaca teks monolog/esei tulis pendek sederhana
5.2 Melafalkan kata, frase, kalimat dalam teks fungsional dan monolog/esei berbentuk narrative dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
5.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman, istilahistilah teknis, nama dan fungsi alat-alat dalam bidang pengajaran keterampilan) sederhana dan berterima

Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
6.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat
pribadi, iklan, brosur, pengumuman, undangan) sederhana dan berterima
6.3 Menggunakan makna dan langkah retorika sederhana dan berterima dalam teks tulis sederhana berbentuk narrative dan report

Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Mendengarkan/ Menyimak
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional/ interpersonal lisan untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan.
7.2 Merespon percakapan transaksional/ interpersonal lisan sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap berita
8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Menjelaskan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
8.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya surat
pribadi, iklan)

Berbicara/ Berisyarat
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional/interpersonal lisan dan/atau isyarat maupun monolog pendek sederhana
9.2 Menggunakan makna dalam ragam bahasa lisan terutama percakapan transaksional/interpersonal lisan pendek sederhana dan berterima yang melibatkan tindak tutur memberi komentar terhadap berita
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan report untukberinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana
10.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks fungsional lisan pendek sederhana (misalnya pengumuman, pesan-pesan lisan ) dan berterima dalam ragam bahasa lisan

Membaca
11. Memahami makna dalam teks monolog/esei tulis pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.1 Membaca teks monolog/esei tulis pendek sederhana
11.2 Melafalkan kata, frase, dan kalimat dalam teks fungsional dan monolog/esei berbentuk narrative dan report pendek sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
11.3 Menggunakan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman, istilahistilah teknis, nama, dan fungsi alat-alat dalam bidang pengajaran keterampilan) sederhana dan berterima

Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek yang berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.1 Menunjukkan makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional dan monolog/esei pendek
12.2 Menggunakan makna yang terdapat dalam dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya
surat pribadi, iklan, brosur, pengumuman, undangan) sederhana dan berterima
12.3 Menggunakan makna dan langkah retorika sederhana dan berterima dalam teks tulis sederhana berbentuk narrative dan report

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Download Full Word

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar