Jumat, 06 Januari 2012

Instructional Design

KOMPONEN SILABUS

MAKALAH

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Instructional Design

 

 


Oleh:
Kelas 4C


 
                                     Addy Muhaemin                  (092122108)
                                    Dian Budiana                        (092122101)
                                    Enda Hidayat                        (092122119)
                                    Prima F.C.                             (092122117)
                                    Yulianingsih                           (092122118)
                                    


 
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SILIWANGI
TASIKMALAYA
2011




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, Rabb seluruh alam yang telah menganugerahkan karunia dan nikmatNya yang tak terhingga, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang “Komponen Silabus”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Instructional Design.
Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses menyatakan bahwa silabus sebagai acuan pengembangan RPP memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran/tema pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Kami menyadari bahwa selama penulisan makalah ini mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada :
       1.      Bapak Dian Kardijan, M.Pd., selaku dosen mata kuliah yang telah membantu kami dalam  menyusun makalah ini;
          2.      semua pihak yang tidak bisa kami sebut satu persatu.
Semoga Allah swt. memberikan balasan yang berlipat ganda.
Makalah ini bukanlah karya yang sempurna karena masih memiliki banyak kekurangan, baik dalam hal isi maupun sistematika dan teknik penulisannya. Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi penulis dan bagi pembaca. Amin.

Tasikmalaya, Maret 2011                                                                           Penulis




Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Selain itu, ada beberapa pendapat mengenai pengertian silabus, diantaranya:
·         Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi/materi pembelajaran (salim, 1987:98
·      Merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajara dan penilaian yang disusun secara sitematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar (Yulaelawati,2004:123)
·         Salah satu rancangan kurikulum pembelajaran.
·         Merupakan ringkasan isi komponen-komponen kurikulum
·      Penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi, kompetensi dasar, dan pokok-pokok/uraian materi yang harus dipelajari siswa ke dalam rincian kegiatan dan strategi pembelajaran, kegiatan dan strategi penilaian, dan alokasi waktu per mata pelajaran per satuan pendidikan dan per kelas
·      Salah satu tahapan pengembangan kurikulum, khususnya untuk menjawab “apa yang harus dipelajari?”
·     Merupakan hasil atau produk pengembangan disain pembelajaran, seperti PDKBM, GBPP, dsb.

Isi Silabus
Berkenaan dengan komponen silabus lebih rinci dikemukan oleh nurhadi ( 2004:142) bahwa silabus berisi uraian program yang mencantumkan:
• Bidang studi yang diajarkan
• Tingkat sekolah dan semester
• Pengelompokan kompetensi dasar
• Materi pokok
• Indicator
• Strategi pembelajaran
• Alokasi waktu
• Bahan atau alat serta media

Manfaat Silabus
Pedoman bagi pengembangan pembelajaran lebih lanjut:
o Pembuatan rencana satuan pembelajaran
o Pengelolaan kegiatan pembelajaran
o Penyediaan sumber belajar
o Pengembangan sistem penilaian


A.    Identitas
Berisi identitas sekolah, bidang/program keahlian, standar kompetensi, mata pelajaran, kelas/semester, durasi pembelajaran, kode kompetensi.
Nama Sekolah                         :  MTs Neglasari
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        :  VII (Tujuh)/ I (Satu)
Standar Kompetensi                1.Mendengarkan
                                                                Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu                        :  2 x 40 menit

B.     Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan uraian fungsi dan tugas atau pekerjaan yang mendukung tercapainya kualifikasi peserta didik .
CONTOH
Nama Sekolah                         :  MTs Neglasari
Mata Pelajaran                         :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        :  VII (Tujuh)/ I (Satu)
Standar Kompetensi                1.Mendengarkan
                                                     Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Alokasi Waktu                        :  2 x 40 menit

C.     Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar/ subkompetensi merupakan sejumlah tugas/ kemampuan untuk mendukung ketercapaian standar kompetensi.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1     Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang











D.    Materi Pokok/ Pembelajaran
Merupakan substansi pembelajaran utama yang berfungsi menunjang pencapaian kompetensi dasar/subkompetensi, mencakup keseluruhan ranah kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap). Materi pokok/pembelajaran harus menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
a      potensi peserta didik;
b      relevansi dengan karakteristik daerah;
c      tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
d     kebermanfaatan bagi peserta didik;
e      struktur keilmuan;
f       aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
g      relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
h      alokasi waktu.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

Contoh:
A : Good morning
     How are you ?
 B : Fine Thanks.
      Nice to meet you
A : Hello, I’ Nina
 B : Hi, I’m Reny
      Nice to meet you








E.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran adalah kegiatan fisik dan atau mental yang dilakukan peserta didik dalam berinteraksi dengan sumber belajar. Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut :
a.       Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
b.      Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
c.       Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
d.      Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen


·    Tanya jawab yang terkait dengan materi
·    Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
·    Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
·    Menjawab / merespon pertanyaan.









F.      Indikator
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diamati dan diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pernyataan yang mengindikasikan ketercapaian kompetensi dasar yang dipersyaratkan, dapat diukur, dan durumuskan dalam kata kerja operasiopal.
Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen



Merespon ungkapan ungkapan
·         Sapaan orang yang sudah  / belum dikenal
·         Perkenalan diri sendiri / orang lain
·         Perintah / larangan







G.    Penilaian
Metode penilaian yang digunakan dalam bentuk tes dan non tes disesuaikan dengan karakteristik indikator anatara lain; tes tertulis, tes lisan, pengamatan kinerja, produk dan lain-lain.
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian.
a.       Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.
b.      Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
c.       Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik.
d.      Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.
e.       Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen




· Tes lisan


· Tes tertulis











· Unjuk kerja

· Merespon ungkapan lisan

· Pilihan Ganda











· Responding

Listen to the expressions and give your response.
·   A: Good morning.
   B:  .......................
Listen to the expressions and choose the best option.
·   “Hi, I’m Yeny,... ....to meet  you
   a. Nice
   b. meet
   c. fine
   d. Thanks

·   Give it to me.




H.    Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah estimasi jumlah jam pembelajaran yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar yang dirinci ke dalam jumlah jam pembelajaran untuk tatap muka (teori), praktik di sekolah, dan praktik di industri
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam. 
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen







2 x 40 menit


I.       Sumber Belajar
Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, dapat berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen








·    Script
·    Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)



Contoh Model Silabus

Dalam menyusun silabus dapat menggunakan salah satu format yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan. Pada dasarnya ada dua jenis, yaitu jenis kolom (format 1) dan jenis uraian (format 2). Dalam menyusun format urutan KD, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator dan seterusnya dapat ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan, sejauh tidak mengurangi komponen-komponen dalam silabus.





Model Silabus

Sekolah                        : MTs Neglasari
Kelas/ Semester           : VII (tujuh)/ I (Satu)
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Standar Kompetensi     : 1.Mendengarkan
                                       Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat  sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


Kompetensi
Dasar
MateriPokok /Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.2     Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal    (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Contoh:

A : Good morning
     How are you ?
 B : Fine Thanks.
      Nice to meet you

A : Hello, I’ Nina
 B : Hi, I’m Reny
      Nice to meet you

A :  Don’t do that
B :  No. I won’t

A :  Stop it
B :  Ok
·   Tanya jawab yang terkait dengan materi
·   Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
·   Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
·   Menjawab / merespon pertanyaan.




Merespon ungkapan ungkapan

·         Sapaan orang yang sudah  / belum dikenal



·         Perkenalan diri sendiri / orang lain


·         Perintah / larangan

·Tes lisan



·Tes tertulis







·Unjuk kerja






· Merespon ungkapan lisan

·Pilihan Ganda






·Responding


Listen to the expressions and give your response.
·   A: Good morning.
   B:  .......................
Listen to the expressions and choose the best option.
·   “Hi, I’m Yeny,... ....to meet  you
   a. Nice
   b. meet
   c. fine
   d. Thanks

·   Give it to me.




2x40 menit
·   Script
·   Bahan-bahan rekaman (kaset, CD, VCD)



1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
Contoh :

A :  Where’s the book?
B :  It’s there.

A :  Thank you.
B :  You’re welcome.


A :  I’m sorry.
B :  it,s okay.

A :  Please..!
B :  All right thanks.



1.    Mendengarkan dan merespon introduction tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan.
2.    memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
3.    mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan
4.    mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
 5. menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan

Merespon ungkapan-ungkapan :
·         Meminta dan memberi informasi

·         Ungkapan terima kasih


·         Permintaan maaf


·         Kesantunan









 Tes lisan








 Tes tulis













Merespon pertanyaan / ungkapan lisan





Melengkapi













Listen to the questions / expression and give your answer / response.
A: How many persons are    
     there in
      the conversation?
 B: ............
 A: thank you so much.
 B: ............

Listen to the questions / expressions and complete the sentences.
  A:could you open the door
     for me?
 B: .........

 A: Sorry I’m Late.
 B: .........





 2x40 menit


Buku guru

Script percakapan tulis

Rekaman percakapan dalam kaset, CD, DVD, film

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar